Tips Perawatan Chrome

        Saat ini aneka macam pemodif yang mempercantik tampilan motornya. Ada yang menggunakan permainan cat ada juga yang tampil kinclong bagaikan beling berjalan. Anda niscaya sudah tahu apa yang di maksud dengan "kinclong bagaikan beling berjalan" kan ?. yap betul kinclong bagaikan beling berjalan yakni dengan Chrome pada bab kendaraan bermotor. 

han-otomotif.blogspot.com
Modifikasi kinclong dengan aksen variasi krom, memang menawarkan kesan higienis dan elegan. Tapi, bila tidak benar dirawat, bukannya motor tambah keren, malah jadi buluk. Bodi yang kinclong tadi malah simpel terkelupas macam kulit. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan wacana cara merawat chrome dan pantangannya.
han-otomotif.blogspot.com

han-otomotif.blogspot.com  
Merawat krom bukan perkara susah. Hanya saja, banyak orang yang tidak menyadarinya. Salah kaprah yangkerap terjadi dalam merawat krom yakni membersihkan dengan pembersih atau silikon layaknya memoles cat motor. Padahal, bukannya bikin motor kinclong, yang ada krom makin buram alasannya yakni lapisan luar krom tergerus.

han-otomotif.blogspot.com
Memang, di pasaran onderdil banyak yang menjual obat poles khusus krom. Tapi kalau mau cara simpel dan gampang, ada sedikit tips merawat lapisan krom pada motor anda biar tidak perlu belanja ke toko spare-part, untuk mengganti spare part yang karatan dikarenakan kurangnya perawatan. Hanya butuh perlakuan halus untuk merawat krom, semoga tetap abadi dan tahan lama.

han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
Perawatannya :

han-otomotif.blogspot.com
han-otomotif.blogspot.com
1. Tepung Kanji atau Bedak Bayi

han-otomotif.blogspot.com
Krom bisa dirawat dengan tepung kanji atau bedak khusus bayi, bersihkan dahulu barang yang sudah berlapis krom dengan sabun basuh piring, dan gunakan air mengalir, bukan air bertekanan tinggi. Intinya, sabun basuh piring diyakini punya kemampuan lebih untuk mengangkat kandungan lemak ataupun oli yang tertinggal, begitu juga penggunaan air bertekanan yang tinggi bisa menciptakan lapisan krom terkelupas.
han-otomotif.blogspot.com
Setelah bersih, lanjutkan dengan memoles permukaan krom pakai bedak bayi, atau kalau mencari di dapur, coba gunakan tepung kanji. "Bedak bayi dan tepung kanji lebih halus dan tidak ada partikel yang bisa merusak lapisan krom". Maksudnya, biar tak kasat mata terlihat, tapi partikel halus yang terkandung dalam obat poles akan menciptakan lapisan krom pudar. Indikasinya, usang kelamaan krom akan terlihat kuning, dan efek paling parah, lapisan krom akan hilang. Beda dengan obat poles yang bukan diperuntukkan untuk krom, biasanya ketika dipegang, akan terasa partikel seperti pasir,    walau   halus.
han-otomotif.blogspot.com
Saat memoles, bisa dengan gerakan memutar, atau bisa juga searah. Tinggal poles saja beberapa bab misal knalpot atau gagang spion. Jangan ketinggalan bab tekukan, soalnya pada bab ini lapisan krom paling tipis. Makara harus ekstra hati-hati. Dan  jangan lupa memakai kain lap halus ketika memoles kromnya.

han-otomotif.blogspot.com
2. Cat Clear

han-otomotif.blogspot.com
Yang kedua krom bisa dirawat dengan cat clear. Jika komponen motor anda yang di krom sulit untuk di bersihkan seperti lengan ayun dan roda lebih baik anda mengeluarkan duit sedikit untuk membeli cat clear untuk di semprot pada komponen yang sulit di bersihkan. Karena logam juga memiliki pori - pori menyerupai manusia, bila di tutup clear akan mengurangi menyelinapnya air asam tadi.

han-otomotif.blogspot.com
3. Bubuk Magnesium

han-otomotif.blogspot.com
Yang ketiga krom bisa dirawat dengan bubuk magnesium. Bubuk magnesium yang terdapat di toko materi kimia namun kalau tidak ada cukup dengan bedak bayi atau tepung kanji. Cara perawatannya sama dengan memakai bedak bayi dan tepung kanji. Yaitu cukup dengan ditaburkan secara merata keseluruh permukaan yang ada lapisan chrome. Kemudian di lap dengan kain berbahan lembut atau chamois (kanebo) dan kering. 
han-otomotif.blogspot.com
4. Sinar Matahari

han-otomotif.blogspot.com
Cara selanjutnya dalam merawat krom yakni memalsukan gaya turis di pantai. Yaitu dengan mandi matahari atau berjemur. Sebelum mandi matahari, sebaiknya motor dicuci dengan air sabun. Ingat, hanya dengan air sabun. Tapi, sesudah itu motor harus dijemur di bawah matahari layaknya bule di pantai Kuta, Bali. Bila kulit bule dijemur makin gelap, sebaliknya krom dijemur bisa makin terang. Karena panasnya matahari bisa mengeluarkan kadar air yang tersimpan dibalik lapisan krom.
han-otomotif.blogspot.com
5. Chrome polisher

han-otomotif.blogspot.com
Merawat krom juga bisa memakai produk buatan pabrik yaitu Chrome Polisher. Chrome Plisher harganya sekitar 60-150 ribu per kemasan botol. Penggunaannya cukup sederhana yakni dengan pemberian media penggosok kertas bekas. Tuangkan polisher ke kertas bekas, gosok secara merata pada lapisan krom. Diamkan beberapa ketika sampai kering, lanjutkan pencucian dengan kain bersih.

han-otomotif.blogspot.com
6. Minyak Kayu Putih

han-otomotif.blogspot.com
Perawatan krom yang selanjutnya juga bisa minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih bisa dilakukan dengan menuangkan minyak kayu putih ke kain lap higienis untuk digosokkan ke permukaan krom yang kotor dan dibiarkan menguap. Setelah kering, lakukan pengelapan dengan kain lap bersih.

han-otomotif.blogspot.com
7.Pasta gigi putih non gel

han-otomotif.blogspot.com
Merawat krom juga bisa memakai pasta gigi putih non gel. Jika memakai pasta gigi non gel maka yang harus disiapakan yakni pasta gigi putih non gel dan lap katun. Langkah-langkahnya dengan menyiapkan lap katun yang halus dan bersih. Lalu oleskan pasta gigi ke permukaan lap. Lakukan pencucian ke permukaan krom. Butiran-butiran mikron pada pasta gigi secara otomatis akan membersihkan kotoran dan menghaluskan kembali permukaan krom yang kusam. Biarkan beberapa saat, kemudian gosok dengan lap bersih.
  han-otomotif.blogspot.com
Pantangannya :

han-otomotif.blogspot.com
1. Hindari mencuci dengan sabun deterjen. Jika Bikes ingin mencuci motor, jangan sekali-kali memakai sabun deterjen merek apa pun. Efek materi kimia yang ada pada sabun deterjen akan mengkikis chrome. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, warna chrome lambat laun akan pudar dan tidak kinclong lagi. Namun bila ingin mencucinya pakai sabun deterjen, maksimal, sebulan sekali. Benda pembersih yang mengandung materi kimia menyerupai Autosol Metal Polish atau kit pun harus dihindari.

han-otomotif.blogspot.com
2. Jangan terkena larutan dengan kadar asam tinggi. Larutan dengan kadar asam tinggi itu menyerupai air hujan, air laut, dan air aki.. Saat motor terkena air hujan yang mengandung zat asam tinggi, segera bilas tunggangan Bikes dengan air higienis kemudian keringkan dengan lap. Jika malas untuk mengkeringkan, tak apa-apa, asal jangan biarkan air hujan melekat pada benda yang di chrome. Karena tingkat asam yang tinggi dari air hujan akan merubah warna chrome. Dan bila Bikes memang tak sempat untuk eksklusif mencuci motor yang terkena air hujan, batas waktunya maksimal sampai 2 hari. Jika dibiarkan dari tempo itu, warna chrome akan rusak.

han-otomotif.blogspot.com


Belum ada Komentar untuk "Tips Perawatan Chrome"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel