Tips Mendidik Anak Biar Serba Bisa

Salah satu tujuan yang ingin dicapai orangtua pastilah mempunyai anak dengan kemampuan yang serba bisa dan mandiri. Namun, salah satu syarat untuk mempunyai anak yang percaya diri dan bisa melaksanakan aneka macam hal positif yaitu adanya keyakinan dan kemauan si anak untuk bisa melaksanakan apa pun. Lalu bagaimana cara mendidik anak biar mempunyai kepercayaan diri dan "always can do"?



1. Temukan kemampuan unik anak

Ada banyak kesempatan untuk membantu bawah umur menemukan talenta dan kemampuannya. Dukung sepenuhnya kemampuan dan talenta yang mereka miliki. Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun terbukti berpengaruh bisa membantu bawah umur lebih percaya diri dan bisa mengembangkan talenta mereka. Semakin bawah umur bisa mengenali kemampuan unik mereka, akan semakin tinggi kepercayaan diri yang mereka miliki. Bantu anak menyadari kemampuannya sendiri tanpa memaksanya melaksanakan hal yang tidak diinginkan, dan hentikan membandingkan kemampuan mereka dengan saudara lainnya.

2. Apresiasi prestasi dan hasil kerja keras mereka

Tidak ada yang sanggup membangkitkan kepercayaan diri dibanding dengan sebuah penghargaan atau perayaan atas prestasi anak. Hargai setiap perjuangan dan prestasi yang dicapai anak, sekecil apapun itu. Buat catatan kecil atau jurnal yang mencatat keberhasilan bawah umur mencapai sesuatu, contohnya mencar ilmu naik sepeda, mencar ilmu matematika, atau berani tidur sendiri, dan pastikan Anda juga memperlihatkan tanggalnya. Buku ini bisa menjadi kenangan tak ternilai perihal prestasi anak, bahwa ia ternyata sanggup melaksanakan aneka macam hal dengan baik. Jika anak belum bisa membaca, gunakan foto dan tempel pada buku jurnal Anda. Kegiatan ini akan membantu anak untuk melacak keberhasilannya, dan mengembangkan keinginannya untuk tetap maju dan berhasil.


3. Fokus pada tindakan, bukan penampilan

Penelitian terbaru menunjukkan, terlalu banyak bawah umur -terutama anak perempuan- yang lebih berfokus pada penampilan dan bukan pada apa yang bisa mereka lakukan. Bantu bawah umur untuk lebih berfokus pada tindakan dan acara positif lain yang bisa dilakukan ketimbang sekadar menonjolkan penampilan. Jadilah role model dengan mendiskusikan tujuan dan impian Anda terhadapnya, dan menyebarkan kebanggaan Anda atas setiap prestasi mereka. Dengan membicarakan perihal prestasi dan bukan berfokus pada penampilan, Anda membantu anak untuk mengembangkan keyakinan langsung atas prestasi dan kemampuannya.

4. Puji anak dengan spesifik

Semua orang menyukai pujian, tak terkecuali anak-anak. Namun perlu diingat bahwa tidak setiap kebanggaan kecil bisa meningkatkan harga diri sang anak. Anda tentu juga tak ingin anak menjadi seseorang yang haus pujian. Ungkapkan kebanggaan yang membangun kepercayaan diri anak. Puji anak dikala ia benar-benar memperlihatkan bakatnya dengan baik, dan juga gunakan kata "karena" dalam kebanggaan Anda sehingga menjadi lebih spesifik. Puji keahlian anak yang sama selama beberapa ahad ketika mereka benar-benar melaksanakan hal yang baik. Hal ini menjadikan anak akan percaya pada "pesan" dan mengadopsinya untuk membentuk keyakinan gres perihal kemampuan dirinya.

5. Tonjolkan sisi positif mereka

Cara yang ampuh untuk membantu anak mengembangkan keyakinan diri yang lebih berpengaruh yaitu dengan mengajarkan self-talk positive. Tidak ada salahnya untuk sedikit menonjolkan diri Anda tanpa bermaksud untuk menyombongkan diri. Beri teladan kepada anak beberapa tindakan positif yang Anda banggakan dan kemudian akui perbuatan tersebut di depan anak. Misalnya, "Ibu pikir, Ibu tidak bisa memasak sup ini, tapi ternyata bisa dan rasanya enak." Awalnya mungkin sedikit aneh, namun hal ini bisa membantu anak untuk mengembangkan pikiran bahwa mereka pun bisa melaksanakan hal-hal yang awalnya mereka pikir tidak bisa mereka lakukan.

6. Tempel slogan motivasi

Pikiran negatif sanggup dengan gampang mematikan kepercayaan diri dan kemampuan anak. Tak ada salahnya untuk menanamkan pikiran dan slogan positif dalam hidup keseharian. Misalkan tempel slogan motivasi dan niat positif untuk anak di kamarnya, atau di kawasan yang gampang terlihat olehnya. Ini cara yang sederhana namun efektif untuk mendorong anak berpikir lebih postif perihal diri mereka.

7. Hindari selalu membantu mereka memecahkan masalahnya

Tidak ada orangtua yang ingin anak-anaknya kecewa, dan hal ini seringkali menciptakan orangtua mencoba untuk membantu memecahkan aneka macam permasalahan anak. Namun, berhati-hatilah alasannya hal ini ternyata bisa menciptakan anak menjadi tidak berdikari dan selalu tergantung pada Anda. Sebaiknya, ambil langkah untuk membantu mereka hanya ketika benar-benar dibutuhkan saja.

8. Bantu anak mencar ilmu dari kesalahan

Setiap orang niscaya sering menciptakan kesalahan, dan niscaya Anda butuh kesempatan untuk memperbaikinya. Demikian pula dengan anak. Ketika mereka melaksanakan kesalahan, sebaiknya jangan menghakimi mereka, tapi bantu mereka untuk mencar ilmu dari kesalahannya. Setelah itu, bantu mereka untuk mencapai tujuannya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendidik Anak Biar Serba Bisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel