Wow Buah Manggis Berkhasiat

Wow sekarangkan lagi isu terkini manggis! dari pada termenung trus mubazir tuh manggis, mending juga diajadiin obat herbal yuk. :) Manggis (Garcinia mangostana) yaitu tumbuhan tropis yang diperkirakan berasal dari Asia Tenggara. Dulu waktu bawah umur biasa main tebak-tebakan buah manggis.

Buah manggis yaitu buah musiman dengan kulitnya berwarna unggu dan isi berwarna putih. Orang renta kita dulu banyak memakai buah manggis untuk obat. Kajian terkini melalui sains telah menandakan khasiat dan kelebihan buah manggis dengan inovasi sejenis materi aktif di dalam buah manggis yang dikenali sebagai xanthone.

Xanthone ialah suatu materi kimia aktif dengan strukturnya yang terdiri 3 cincin dan ini menjadikannya sangat stabil saat berada dalam badan. Struktur ini menjadikannya sangat stabil dalam keadaan panas atau dingin.

Terdapat lebih dari 200 jenis materi xanthone di alam tetapi lebih dari 40 jenis xanthone terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan yang terbanyak. Khasiat terbaik dari xanthone ialah ianya bersifat anti-oksidan yaitu menghambat proses oksidasi atau proses penuaan tubuh/sel tubuh. Xanthone akan melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akhir radikal bebas. Selain bermanfaat sebagai anti-oksidan, buah manggis juga berguna sebagai antibakteri, anti-kanker, dan anti-radang.

Bagian lain yang bermanfaat yaitu kulit buahnya. Kulit manggis menghasilkan warna merah keunguan, dan amat sulit dibersihkan. Karena mengandung tanin, resin, dan crystallizable mangostine (C20H22O5), yang gampang larut dalam alkohol atau ether, tidak larut dalam air. Kulit manggis amat berguna untuk membuang asam ureat di dalam tubuh yang berguna bagi penderita reumatik/gout.

Caranya olah herbalnya :
1. Ambil Kulit buah manggis iris kecil kemudian jemur hingga kering
2. Ambil 1 gelas air panas, celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering tadi.
3. Minum ramuan sehabis hangat dan warna air jadi ungu. Rasa agak sepet enak.

Belum ada Komentar untuk "Wow Buah Manggis Berkhasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel