Umar Bin Abdul Aziz Kecil Dan Sisir Rambut

 tentu Umar bin Abdul Aziz mempunyai perhatian tersendiri terhadap penampilannya Umar Bin Abdul Aziz Kecil dan Sisir Rambut

Sebagai seorang putera Gubernur, tentu Umar bin Abdul Aziz mempunyai perhatian tersendiri terhadap penampilannya. Gaya berpakaian, gaya berjalan hingga gaya rambut selalu ia perhatikan.

Kerapian tentu menjadi prioritas khusus baginya. Ditambah lagi usianya dikala itu yang mulai
menginjak remaja.

Ya'kub meriwayatkan dari bapaknya yang menceritakan bahwa Abdul Aziz mengirim puteranya, Umar, ke Madinah untuk menimba ilmu. Ia menulis surat kepada Shalih bin Kisan untuk mendidiknya. Umar pun berpindah guru kepada Ubaidillah bin Abdillah untuk menimba ilmu darinya. Namun Shalih bin Kisan tetap memantau perkembangannya, terlebih urusan shalatnya.

Suatu hari ia terlambat shalat berjamaah. "Apa yang membuatmu hingga terlambat shalat berjamah?" tanya Shalih bin Kisan pada Umar. "Aku sibuk merapikan rambutku." jawabnya. "Sedemikian besarnyakah kesukaanmu dalam menyisir rambut, hingga itu besar lengan berkuasa pada shalatmu?!"

Kemudian Shalih bin Kisan menulis surat kepada Abdul Aziz, yang dikala itu menjabat sebagai gubernur di Mesir, menjelaskan ihwal sisir rambut yang terjadi pada anaknya. Lalu Abdul Aziz mengutus seorang utusan untuk tiba ke Madinah, dan memintanya untuk mencukur rambut anaknya.

Demikian besar perhatian orang renta kepada anaknya dalam hal kedisiplinan agama. Kesibukan sebagai seorang gubernur ditambah lagi jarak yang jauh bukanlah penghalang untuk berkurangnya perhatian itu, meskipun di Madinah sudah diamanahkan kepada seorang ulama'. Dan perhatian yang diberikan hingga pada hal yang sebagian orang sepele, terlambat shalat berjama'ah gara-gara kelamaan menyisir rambut.

Disitulah sesungguhnya kekuatan sebuah perhatian. Tentunya itu yakni perhatian yang tulus, alasannya yakni cinta dan kasih sayang. Bukan tindakan memata-matai yang lebih fokus dalam melihat kesalahan saja.

Dan ini sesungguhnya merupakan sebuah pelajaran tersendiri bagi mereka yang setiap hari sibuk bekerja, berangkat pagi pulang malam, sehingga terkadang berakibat pada kurangnya perhatian kepada buah hati. Abdul Aziz yang seorang gubernur di Mesir dengan banyak sekali kesibukan yang tentunya tidak sedikit, ternyata bisa melaksanakan itu, memberi perhatian dengan nrimo untuk kebaikan sang anak.

Belum ada Komentar untuk "Umar Bin Abdul Aziz Kecil Dan Sisir Rambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel