Tips Tetap Bugar Ketika Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Ramadan  merupakan bulan suci yang sangat istimewa bagi umat Islam di  seluruh  dunia Tips Tetap Bugar Saat Berpuasa di Bulan Ramadhan
Ramadan merupakan bulan suci yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. bulan mulia tak hanya mengajarkan bersabar menahan lapar dan dahaga semenjak terbit sampai terbenam matahari, namun sarat dengan nilai mulia.

Namun, bagimana caranya menjalankan puasa dan ibadah bulan mulia namun badan tetap bugar? Kondisi fisik dan mental orang berpuasa perlu dipersiapkan. Agar tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa, ikuti tips menyerupai dikutip dari laman Arab News berikut.

Mulailah dengan perencanaan masakan dan menciptakan daftar belanja sehingga Anda mempunyai planning makan selama bulan mulia yang tersusun dengan rapi. Sehingga, tidak kalang kabut ketika memilih sajian berbuka. Tubuh yang sehat sangat membantu Anda ketika beraktivitas di siang hari. Jadi, mulailah berbuka dengan sajian sehat hari ini, hindari junk food dan pilih masakan sehat seimbang.

Kurangi teh, kopi dan minuman bersoda

Sekarang waktu yang baik untuk mengurangi asupan teh, kopi dan minuman bersoda lain yang mengandung kafein. Cobalah untuk membatasi diri hanya mengonsumsi minuman berkafein dua kali sehari selama Ramadan. Ini penting untuk meminimalisasi tanda-tanda sakit kepala.

Pastikan badan tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air minum sebanyak 8-10 gelas sehari ketika berbuka dan santap sahur. Mengonsumsi minuman bersoda dan berkafein akan menciptakan Anda terjaga di malam hari, dan mempunyai pengaruh diuretik pada tubuh.

Jaga kesehatan

Berpuasa selama bulan mulia merupakan waktu sempurna untuk memperbaiki metabolisme badan sehingga badan makin sehat. Jangan memikirkan berpuasa sebagai cara berdiet, namun bagaimana menahan nafsu dan menjalani hidup sehat.

Jika Anda mempunyai dilema kesehatan, ada baiknya berkonsultasi pada dokter. Tanyakan pada dokter, bagaimana cara terbaik untuk membantu badan biar sanggup menjalankan puasa dengan sehat.

Kebiasaan makan sehat

Pertahankan kebiasaan makan yang baik dengan sajian seimbang dengan buah dan sayuran. Cobalah untuk tidak makan terlalu cepat ketika berbuka puasa. Kunyahlah masakan dengan lembut dan jangan lupa untuk minum cukup untuk menghindari kekurangan cairan tubuh dan sakit kepala pada siang hari.

Perbanyak jus buah segar juga sanggup membantu badan tetap fit selama Ramadan. Jika air urin terlihat berwarna gelap dan pekat, sanggup menjadi ancaman bahwa Anda tidak cukup minum air. Minum banyak air juga akan membantu Anda menghindari sembelit.

Jangan lupa olahraga

Hal ini penting yang sanggup membantu sirkulasi oksigen dalam badan tetap lancar yaitu dengan berolahraga. Lakukan kegiatan aktif sehabis berbuka, minimal melaksanakan kegiatan berjalan santai.

Tidur cukup

Tidur malam yang baik diharapkan untuk memastikan keseimbangan badan di hari berikutnya terutama bagi mereka yang pergi bekerja atau belajar. Kurang tidur sanggup menimbulkan gelisah, sakit kepala dan dilema pencernaan yang buruk.

Sempatkan diri tidur siang sebab ini akan memperlihatkan energi dan menyegarkan Anda sehingga Anda sanggup menikmati malam Anda.

Sahur

Semua pakar kesehatan sangat merekomendasikan makan sahur sebelum Anda memulai hari ketika berpuasa. Meskipun berat terbangun di waktu subuh untuk sahur, hal ini penting dilakukan.

Sebagai ganti waktu tidur Anda yang terganggu, Anda sanggup mengganti waktu tidur di sore hari menjelang berbuka. Agar tak repot menyiapkan santap sahur di waktu subuh, sebelum tidur masak masakan sahur dengan sajian yang gampang dibuat.

Cobalah persiapkan masakan yang sanggup memperlihatkan Anda energi untuk menikmati hari di siang hari. Karena cuaca Ramadhan tahun ini cukup panas, jangan lupa minum air putih, dan jus untuk menghindari kekurangan cairan tubuh sepanjang berbuka sampai sahur.

Tubuh yang fit menciptakan Anda sanggup melaksanakan puasa dan ibadah bulan mulia lainnya dengan lebih khusyuk. 


Sumber

Belum ada Komentar untuk "Tips Tetap Bugar Ketika Berpuasa Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel