Sungguh Ajaib, Beginilah Keadaan Orang Miskin Dizaman Umar Bin Abdul Aziz


Seperti apakah orang yang harus dibantu keuangannya pada masa Umar bin Abdul Aziz?
Sebuah pertanyaan yang sangat menarik. Barangkali ada yang mempunyai persepsi wacana orang miskin. Pasti kerja mereka tidak tetap alias serabutan, tidak punya rumah, atau kalau punya mungkin kecil dan tidak bagus, perabotan rumah tangga mereka juga terbatas pada perabotan yang penting-penting saja, dan seambrek citra orang-orang miskin sebagaimana yang kita dapati hari ini.

Ya, kita tidak menyalahkan jikalau ada yang mempunyai persepsi menyerupai itu wacana mereka. Karena kita hidup di kurun yang tidak sedikit orang-orang miskinnya. Tidak sedikit pula para penganggurannya. Tidak sedikit orang-orang yang tinggal di bawah kolong jembatan, apalagi di ibu kota. Tidak sedikit orang yang meminta-minta di perempatan lampu merah atau di rumah-rumah. Makara pemandangan menyerupai itulah yang kita temui sehari-hari. Akhirnya menjadikan persepsi dalam otak kita bahwa orang miskin itu menyerupai itu.

Tapi tidak menyerupai itu orang miskin yang perlu dibantu keuangannya pada masa Umar bin Abdul Aziz. Seperti apa mereka? Simaklah pernyataan Umar bin Abdul Aziz saat bercakap-cakap lewat surat dengan salah seorang pegawainya berikut ini.

Saat itu Khalifah Umar bin Abdul Aziz mencanangkan jadwal tunjangan kepada orang-orang
miskin. Bagi siapapun orang yang dililit hutang dan tak bisa mengembalikannya maka pemerintah akan membantunya dalam mengembalikan hutang-hutangnya itu. Tentu ini ialah salah satu jadwal untuk menyelamatkan dan meningkatkan perekonomian rakyat. Hingga jadinya datanglah sebuah surat dari salah seorang pegawainya yang diantara isinya ialah sebagaimana berikut ini: "Wahai Amirul Mukminin, sebenarnya kami mendapati orang yang mempunyai rumah, pembantu, perabotan rumah tangga yang lengkap serta kendaraan. Apakah mereka perlu dibantu untuk mengembalikan hutangnya?"

Khalifah menjawab: "Seorang muslim itu harus mempunyai rumah untuk berteduh, pembantu yang membantunya sehari-hari, kuda untuk berjihad melawan musuh serta perabotan untuk rumahnya. Maka yang menyerupai itu jikalau mempunyai hutang tetaplah seorang yang perlu dibantu."

Subhanallah!!! Itu semua ialah bukti betapa makmur dan sejahteranya masyarakat saat itu. Sungguh kita semua merindukan sosok pemimpin andal sepertimu, wahai Umar bin Abdul Aziz!!!

Belum ada Komentar untuk "Sungguh Ajaib, Beginilah Keadaan Orang Miskin Dizaman Umar Bin Abdul Aziz"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel