Soal Ujian Matematika Singapura Yang Menghebohkan Dan Penyelesaiannya

Bagi sebagian besar siswa di Indonesia, ujian nasional (uan) yakni hal yang luar biasa dan kadang menakutkan. Tiap tahun muncul kehebohan info perihal ritual-ritual absurd untuk menghadapi ujian nasional biar sanggup mengerjakan soal-soal. Meskipun kini ujian nasional tidak memilih kelulusan seorang siswa.

Kehebohan ujian nasional terjadi juga di Singapura, namun bukan soal ritualnya, tapi perihal soal ujian yang sangat sulit. Sejak kemarin soal matematika di Singapura ini menjadi bahasan para netizen alasannya soal itu dianggap sangat sulit. Padahal soal ini yakni untuk melatih logika kita. Disini kami berusaha menjelaskan bagaimana menjawab soal yang menghebohkan ini dengan logika.
Pertama-tama tentu kita harus memahami kisah dari soal:

Albert dan Bernard gres saja berkenalan dengan Cheryl, dan mereka ingin tahu kapan ulang tahunnya. Cheryl lalu memberi mereka daftar yang berisi 10 tanggal dan bulan dimana salah satunya yakni tanggal dan bulan ulang tahun Cheryl:

15 Mei               16 Mei                19 Mei
17 Juni               18 Juni
14 Juli                16 Juli
14 Agustus         15 Agustus         17 Agustus


Setelah itu, Cheryl memberitahu Albert, hanya bulan ulang tahunnya dan memberitahu Bernard hanya tanggal ulang tahunnya secara terpisah.

Albert lalu berkata: "Saya tidak tahu kapan tepatnya (tanggal dan bulan) ulang tahun Cheryl, tapi saya juga tahu bahwa Bernard sama tidak  tahunya menyerupai saya".

Mendengar Albert berkata menyerupai itu, Bernard berkata: "Pada awalnya saya tidak tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl, tapi kini saya tahu."

Mendengar perkataan Bernard, balasannya Albert berkata: "Saya kini juga tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl".

Pertanyaannya yakni kapan tepatnya ulang tahun Cheryl?


Begini cara kita mereduksi daftar tanggal dan bulan diatas dengan memakai kalimat-kalimat yang dikatakan oleh Albert dan Bernard sampai kita mendapat hanya satu tanggal dan bulan yang menyampaikan ulang tahun Cheryl.


Mari kita mulai dengan kalimat pertama Albert:

Albert: "Saya tidak tahu kapan tepatnya (tanggal dan bulan) ulang tahun Cheryl, tapi saya juga tahu bahwa Bernard sama tidak  tahunya menyerupai saya."

Yang Albert tahu yakni bulan ulang tahun Cheryl, dan alasannya setiap bulan pada daftar mempunyai lebih dari satu tanggal, jadi tentu saja ia tidak tahu kapan tepatnya ulang tahun cheryl.

Satu-satunya cara yang sanggup menciptakan Bernard tahu dari tanggal yakni nomor tunggal, Kaprikornus kalau Cheryl telah menyampaikan kepadanya 18 atau 19, alasannya dari sepuluh pilihan pada daftar, angka-angka ini muncul hanya sekali (19 Mei dan 18 Juni.) maka Bernard akan segera tahu.

Agar Albert tahu niscaya bahwa Bernard tidak tahu, maka bulan yang diberitahukan Cheryl kepada Albert haruslah bulan Juli atau Agustus, alasannya bulan bulan ini tidak ada nomor tunggal.

Lalu kita lihat kalimat yang dikatakan Bernard

Bernard: "Pada awalnya saya tidak tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl, tapi kini saya tahu."

Dari pernyataan Albert, Bernard berhasil menyimpulkan bahwa bulan yang diketahui Albert kalau tidak  Juli, pastilah Agustus. Dan alasannya Bernard menyatakan bahwa ia balasannya tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl, maka kemungkinan tanggal yang diketahui Bernard yang tersisa  yakni 15, 16, 17, alasannya kalau Bernard diberitahu tanggal 14 maka ia tidak akan sanggup mengetahui kapan tepatnya ulang tahun Cheryl alasannya Juli dan Agustus keduanya mempunyai tanggal tersebut.

Terakhir kita lihat kalimat Albert berikutnya

Albert: "Saya kini juga tahu kapan tepatnya ulang tahun Cheryl".

Karena Albert menyatakan bahwa ia kini juga tahu, maka ia pastilah diberitahu oleh Cheryl bahwa bulan ulang tahunnya yakni Juli, alasannya kalau ia diberitahu bahwa bulannya yakni agustus, maka mustahil bagi Albert untuk mengetahui kapan tepatnya Cheryl berulang tahun alasannya Agustus masih mempunyai dua kemungkinan yaitu 15 Agustus dan 17 Agustus.

Jadi jawabannya yakni 16 Juli.

Menurut kantor info Singapura Mothership.sg soal diatas yakni bab dari soal-soal tes Olimpiade matematika sekolah se Singapura dan Asia, yang ditujukan untuk anak berusia 14/15 tahun. Singapura memang dikenal sebagai negara dengan rangking tertinggi pada Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), gres berturut-turut Korea Jepang, Hongkong dan Belanda.

Jadi, kini pertanyaan adalah: Apakah Anda lebih arif dari anak Singapura berusia 14 tahun?

(http://versesofuniverse.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Soal Ujian Matematika Singapura Yang Menghebohkan Dan Penyelesaiannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel