Selera Makan Insan Rakus


Ir. Rony Ardiansyah, MT, IPU

Pengamat Perkotaan/Praktisi HAKI (Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia)/ dan Dosen Teknik Sipil UIR

 Kalau bicara soal selera makan, rasanya sulit kalau ada makhluk lain yang bisa menandingi komodo. Hal ini dikarenakan komodo mempunyai selera makan yang sangat luar biasa. Mari kita lihat selera hewan ini bersama Amelia Wardana dalam buku “Unik dan Penting). Biasanya seekor komodo bisa menyantap 2,5 kg makanan dalam semenit dan gres berhenti makan kalau sudah kenyang. Sulit diukur kekenyangan komodo sebab hewan ini sanggup makan hingga seberat 90% berat badannya. Hal itu terjadi hanya dalam sekali makan. Ini sama dengan seorang remaja yang makan 400 biji humberger dalam sekali duduk.

Rupanya masih ada makhluk di muka bumi ini yang bisa menandingi komodo, adalah selera makan insan rakus. Komodo masih bisa berhenti makan kalau sudah kenyang, tetapi insan rakus tidak pernah berhenti makan kalau belum mati. Selera makan insan rakus semakin kenyang akan semakin banyak makannya. Komodo masih milih-milih makan sedangkan insan rakus menyantap apa saja yang ada di  hadapannya: Aspal, krikil, pasir, besi, dan cerucuk kayu juga bisa dimakannya.

Sulit diukur kekenyangan komodo sebab hewan ini sanggup makan hingga seberat 90 % berat badannya. Tetapi kekenyangan insan rakus sama sekali tidak sanggup diukur. Coba Anda ukur! Berapa persenkah dari berat badannya kalau dibandingkan dengan berton-ton aspal yang telah dilahapnya, dari beratus-ratus kubik kerikil dan pasir yang telah dimakannya, dan dari beribu-ribu batang besi yang telah ditelannya, serta dari berjuta-juta batu-bata yang telah dikunyahnya. Ayo…coba hitung. Berapa persenkah itu…?

Walaupun komodo mempunyai selera makan yang sangat luar biasa, tetapi hewan ini masih memilih-milih makan, yang terperinci komodo tidak pernah mau makan di antara sesama mereka. Tetapi insan rakus tidak pernah memilih-milih calon santapannya, apa saja dimakannya selagi mempunyai kesempatan, dari makan material bagunan sampai-sampai teman sendiri pun dimakan…! Ayo…hati-hati….alangkah bernafsunya insan rakus ini!

Belum ada Komentar untuk "Selera Makan Insan Rakus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel