Saat Sahur Hindari Banyak Minum Teh Dan Kopi




Puasa bulan ampunan tak usang lagi. Nah, bagi yang menjalankannya diimbau biar menjaga contoh makan ketika berbuka dan sahur dengan baik. Jangan hingga asal makan dan minum yang justru berdampak jelek bagi kesehatan.

"Bagi lansia, selama puasa juga tidak dianjurkan mengonsumsi banyak teh atau kopi ketika sahur," kata dr Purwita SpPD-KGer, dalam seminar publik 'Puasa, Keadaan Lapar yang Menyehatkan' di aula kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Jl Samratulangie, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2013).

Menurut dr Purwita, kopi atau teh dapat merangsang badan untuk lebih banyak buang air kecil. "Jadi selama puasa bisa-bisa banyak cairan yang terbuang," sambungnya.

Dia juga mengingatkan biar selama puasa minum delapan hingga sepuluh gelas air. Selain itu juga tak ada salahnya untuk mengonsumsi jus buah. Dengan demikian maka badan tetap terhidrasi.

dr Purwita juga mewanti-wanti biar asupan masakan tetap dipenuhi menyerupai ketika tidak berpuasa. Pada ketika berbuka puasa dan bersahur, beliau menyarankan biar mengurangi masakan dengan kandungan lemak tinggi. Sebagai gantinya, konsumsilah masakan yang lebih lambat dicerna.

Ketika berbuka puasa, kurma sangat baik dikonsumsi. "Selain dapat mengembalikan kadar gula dalam tubuh, kurma juga dapat mencegah sembelit alasannya ialah mengandung serat," jelas dr Purwita.

Sumber: detikHealth

Belum ada Komentar untuk "Saat Sahur Hindari Banyak Minum Teh Dan Kopi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel