Pembunuh Pertama Dalam Sejarah Peradaban Manusia


Dari Ibnu Abbas dan ulama lainnya, bahwa Adam hendak menikahkan setiap anak pria dengan saudara kembar perempuannya. Habil hendak menikah dengan saudara wanita kembar Qabil, yang kebetulan berparas sangat cantik, sedangkan Qabil menikah dengan saudara wanita kembar Habil yang kebetulan berparas biasa-biasa saja. Namun Qabil hendak berlaku egois terhadap saudaranya dan hendak menikahi saudara wanita kembarnya. Ia pun meminta kepada ayahnya, Adam Alaihissalam, semoga menikahkan dirinya dengan saudara kembarnya, tetapi Adam Alaihissalam tidak bersedia.

Adam Alaihissalam kemudian memerintahkan keduanya untuk mempersembahkan Kurban. Habil mempersembahkan anak kambing yang sangat gemuk alasannya beliau yaitu pemilik kambing, sedangkan Qabil
mempersembahkan seonggok hasil pertaniannya yang paling buruk.

Kemudian datanglah api dan memakan Kurban Habil dan meninggalkan Kurban Qabil. Qabil pun murka dan berkata, "Sungguh, saya akan membunuhmu sehingga engkau tidak sanggup menikahi saudara perempuanku." Habil kemudian berkata, " Sesungguhnya Allah hanya mendapatkan (Kurban) dari orang-orang yang bertakwa." (Qs. Al MaaMdah [5]: 27)

Diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dan ulama lainnya, "Suatu keberkahan dari Allah alasannya sebetulnya orang yang terbunuh yaitu orang besar lengan berkuasa dari dua orang. Akan tetapi, ia merasa tidak baik untuk menggerakkan
tangannya guna membunuh orang lain."

Sebagian ulama menyampaikan bahwa sehabis Qabil membunuh Habil, jasad Habil ia bawa di atas punggung. Hingga karenanya Allah mengutus dua ekor burung gagak. Keduanya bertarung sampai salah satu dari keduanya membunuh yang lain. Burung yang membunuh itu kemudian menatap ke bumi untuk menciptakan lubang, guna menguburkan lawannya yang telah mati. Ketika Qabil melihat perbuatan burung gagak itu, ia berkata, "Aduhai celaka aku, mengapa saya tidak bisa berbuat menyerupai burung gagak ini, kemudian saya sanggup menguburkan mayat saudaraku ini?"

Qabil kemudian melaksanakan sebagaimana yang dilakukan oleh burung gagak, kemudian menguburkan mayat saudaranya.

(Bidayah Wan Nihayah)

Belum ada Komentar untuk "Pembunuh Pertama Dalam Sejarah Peradaban Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel