Negara Terkecil Di Dunia

Coba tebak, negara apa yang terkecil di dunia? Mungkin banyak yang menebak Vatikan atau San Marino. Tapi tanggapan itu salah, yang benar yakni Sealand. Letaknya di bahari lepas sekitar 13 kilometer dari Suffolk, Inggris Raya. Luasnya hanya 4 km persegi.

Sealand bukan sebuah pulau, melainkan struktur bangunan di tengah bahari yang ditopang oleh dua menara besar. Makara tak ubahnya menyerupai rig daerah pengeboran minyak. Walau tanpa pertambangan minyak tentunya.



Struktur ini dibangun oleh Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Namun pada tahun 1968 pengadilan memutuskan struktur tersebut berada di wilayah perairan internasional, dan artinya di luar yurisdiksi Inggris.

Kemudian datanglah sekelompok orang dari Belanda ingin mengambil alih Sealand. Seorang laki-laki berjulukan Michael Bates melawan dengan memakai helikopter. Bates menang, dan ia menobatkan diri sebagai Pangeran Sealand.


Hebatnya, Sealand memiliki perangko sendiri, lagu kebangsaan, uang, sampai bendera nasional. Ironis, eksistensi Sealand jadi polemik bagi dunia internasional. Negara ini tidak menjadi anggota PBB, dan pada tahun 1987 Inggris memperluas teritori perairannya sampai mengklaim Sealand masuk ke dalam kekuasaan Inggris.

Walau demikian Bates tetap melawan dan mengajukan banyak argumen jikalau Sealand sah menjadi negara yang berdaulat. Alasannya tetap, Sealand tidak masuk wilayah negara mana pun ketika dibangun. Lagipula, orang-orang Belanda yang kalah melawan Bates ditahan dalam penjara dan banyak negara yang menyerukan semoga Bates membebaskan mereka. Ini artinya, jikalau Sealand bukan negara, mana mungkin mereka meminta hal tersebut?

Menurut wikipedia, jumlah populasi di Sealand pada 2004 berjumlah 27 orang. Nyatanya, sekarang hanya ada 4 orang. Ada-ada saja...

Belum ada Komentar untuk "Negara Terkecil Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel