Menghindari Penipuan Di Facebook

Para penipu Online kini ini sedang gencar gencarnya mengincar mangsa yang ada di Facebook, Twitter dan situs sosial bookmark lainnya. Dengan metode keylogger dan teknik hacking lainnya mereka membajak akun facebook para facebookers yang pertemanannya banyak, tujuannya ya biar kelihatan trusted / terpercaya. Nantinya, sehabis mereka berhasil membajak akun Facebook orang tersebut, mereka kemudian memakai akun tersebut untuk berjualan dengan mengetag / share photo-photo produk palsu mereka ke sembarang orang yang ada dalam daftar pertemanan akun yang dibajak. Metode ibarat ini biasanya lebih banyak memakan korban para pengguna Facebook yang online melalui Warnet dan komputer umum.
Sebagai contoh, anda bisa melihatnya di screen shot yang saya ambil beberapa waktu yang lalu, dimana akun facebook bersangkutan yaitu milik sahabat saya : http://prntscr.com/d8wjk. Silahkan download dan perhatikan cuplikan ibarat di gambar dibawah ini :
Contoh diatas hanya salah satu masalah pembajakan akun Facebook oleh para penipu. Untuk lebih lengkapnya perihal masalah penipuan Toko Online Facebook maupun Toko Online lainnya silahkan baca disini : Batam Watch Monitoring. Disana akan anda temukan aneka macam masalah perkara serupa yang sudah banyak memakan korban. Tapi Jangan lupa untuk tetap waspada ya, 99% Penjual perangkat Elektronik yang mengatasnamakan dari Batam yaitu FIKTIF..
Saya di Facebook kebetulan aktif dalam Forum Daftar Hitam Penipuan Bisnis Online yang fokus membahas perihal daftar daftar pebisnis online penipuan yang makin usang makin merusak gambaran dan nama baik para pebisnis Online Indonesia di mata umum dan dunia. Maka kali ini saya hanya sekedar share Tips Meminimalisir Tindak Penipuan Online, baik yang di Facebook maupun di situs Toko Online secara umum.

Cara Menghindari Penipuan Toko Online di Facebook: 

Jangan sekali sekali berbelanja secara Online di Toko Online yang dibentuk dengan Blog Gratisan.
Logikanya begini, mereka menjual barang Elektronik yang bernilai Jutaan Rupiah, masa tidak bisa untuk menciptakan website Resmi berekstensi .com, .info, . org maupun Top Level Domain Lainnya yang hanya berharga 150an Ribu Rupiah???. Ciri ciri Website / Blog / Toko Online gratisan yang saya maksud masih menumpang di domain besar ibarat blogspot, wordpress, blogdetik, co.cc, .tk dan lain lain. Walaupun ada beberapa Toko Online yang berjualan di blog gratisan tersebut yaitu Toko Online yang Recomended. 
Jangan pernah berbelanja pribadi lewat Facebook kalau yang berjualan kelihatan tidak recomended. 
Biasanya para pebisnis / Penjual yang Profesional hanya memakai Facebook untuk mensharing link URL dari jualan produk yang orisinil di Website Resmi mereka. Facebook hanya dipakai sebagai sebuah sarana promosi untuk mengarahkan para konsumen atau calon pembeli menuju website resmi jualan. 
Pelajari Status dan keberadaan Toko Online.
Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengecek pribadi ke lokasi atau alamat yang tertera di Website Resmi Toko, atau dengan bertanya pada keluarga dan sahabat yang kebetulan sama wilayahnya dengan si Penjual. 
Jangan sekali sekali berbelanja dengan Toko Online yang menutup identitas diri mereka dengan dalih dalih tertentu, ini dilakukan hanya untuk tipu daya “lempar watu kemudian sembunyi tangan”. Anda sebagai korban penipuan akan sangat susah mendapatkan si Penipu aslinya. 
Sebelum tetapkan untuk berbelanja online, biasakan lah mencari isu perihal toko online bersangkutan di google.
Ketikkan nama toko online dan tambahkan goresan pena “Penipu” di selesai kalimat pencarian [Atau Klik : Google Search untuk mencoba]. Silahkan lihat daftar link yang kira2 membahas perihal masalah penipuan terkait hasil pencarian Google tersebut. 
Jangan pribadi menghubungi Nomor Penjual yang tertera di barang Jualan.
Para penipu lebih menyarankan para calon pembeli untuk menghubungi pribadi nomor telpon yang tertera. Silahkan lakukan langkah point nomor 5 diatas dengan cara yang sama, ketikkan nomor telpon penjual bersangkutan, biasanya kalau memang sudah pernah ada tindak penipuan yang di lakukan akan terekam di database para blogger dan para pemantau tindak penipuan Online ini. 

Toko Online Penipuan di Facebook kebanyakan menjual Elektronik.

Dari survey yang dilakukan para rekan2 di Facebook, 80% penipuan Online yaitu berupa barang barang Elektronik dan Handphone. Selain untungnya yang murah, juga sebab sedang laku larisnya. 
Jika dari unsur unsur jualan barang terdapat nama Kota “Batam”, ada baiknya anda membaca Facebook Note yang saya tulis disini. Pelajari disana.

TIPS MEMINIMALISIR Penipuan Toko Online di Facebook

Semakin maraknya Toko Online di Facebook dengan masalah perkara penipuan yang terjadi di Facebook, silahkan ikuti tips ini semoga anda dan sanak keluarga dirumah kondusif dari masalah penipuan : 
Pergunakan email Valid untuk Registrasi dan Login Facebook.
Ini berfungsi kalau saja Facebook anda menjadi salah satu korban pembajakan, maka anda akan dengan gampang mengembalikan akun tersebut ke tangan anda dengan derma Reset Password pribadi ke Email. 
Jangan pernah menciptakan password Facebook yang sama dengan password Email.
Logikanya kembali ke point 1, kalau password Facebook dan Email anda sama, maka sudah bisa dipastikan password Email anda juga akan diganti oleh si pembajak. 
Jika mendapatkan link link yang terlihat asing atau tidak masuk akal ke akun anda, jangan hingga terjebak untuk mengkliknya. Biasakan untuk menyidik link tersebut dengan mengarahkan pointer mouse ke link, kemudian lihatlah URL detail yang bisa anda lihat di pojok kiri bawah browser anda. 
Ganti Secara Rutin Password Facebook anda minimal 6 bulan sekali. Gunakan kombinasi Huruf Kecil, Huruf besar dan angka untuk password. 
Jangan meminjamkan Handphone anda ke sembarang orang kalau sendang login akun Facebook maupun Email. 
Setting Privacy Facebook. Ini berfungsi untuk menjaga2 kalau ada orang iseng atau penipu yang men-tag Photo ke Wall anda semoga Photo tersebut tidak muncul pribadi ke wall, melainkan harus menunggu persetujuan dari anda sebagai pemilik akun. Lebih lengkapnya saya bahas dibawah. 

SETTING TAB PRIVACY AKUN FACEBOOK

  1. Login ke Akun Facebook Anda 
  2. Dari Pojok Kanan atas Akun Facebook, klik panah dropdown dan pilih Pengaturan Privacy.
  3. Pada cuilan “Kronologi dan Penandaan”, klik “Sunting Pengaturan“ 
  4. Pada setting “Tinjauan kiriman sahabat yang menandai anda bla bla bla…”, setting Nyala atau Aktif.
  5. Ini berfungsi saat teman-teman facebook anda menandai anda dalam sebuah kiriman, maka kiriman tersebut akan dipending hingga anda menerimanya manual. 
  6. Setelah aktif, jangan lupa simpan. 
Dengan tehnik diatas, setidaknya anda sudah berperan mengurangi korban tindak penipuan via Facebook. Jika Photo-photo yang di tag sang penipu pribadi muncul di wall anda, bukan hanya menciptakan Profile anda ibarat “Dinding Jualan” para penipu, juga bisa mengakibatkan peluang untuk penipu mendapatkan pembeli dari daftar Teman anda.
Jika Tips meminimalisir penipuan Online ini bermanfaat untuk anda dan rekan2 anda, monggo di like dan di share.

Belum ada Komentar untuk "Menghindari Penipuan Di Facebook"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel