Mengapa Tembok Cina Berpengaruh Berabad-Abad?

Tembok Raksasa Cina sudah ada semenjak ratusan tahun Mengapa Tembok Cina Kuat Berabad-abad?
Tembok Raksasa Cina sudah ada semenjak ratusan tahun. Panjangnya mencapai 8.851 km. Telah menarik perhatian peneliti mengapa tembok ini begitu berpengaruh sampai sekarang.
Seperti dilansir apakabardunia.com, berdasarkan ilmuwan China, Dr. Zhang Bingjian, pakar kimia dari Universitas Zhejiang, menyimpulkan rahasianya terletak pada ketan yang dipakai sebagai perekat gabungan semen. Para pekerja membangun Tembok Besar pada jaman Dinasti Ming, sekitar 600 tahun silam dengan mencampurkan tepung ketan dengan kapur, sebagai materi standar gabungan perekat.
“Campuran perekat semen kuno tersebut, terdiri dari semacam gabungan khusus organik dan anorganik. Komponen organik, amilopektin, berasal dari bubur ketan yang ditambahkan ke dalam gabungan semen,” ujar Dr. Zhang.
Komponen anorganiknya ialah kalsium karbonat dan komponen organiknya ialah amilopektin yang berasal dari ketan. Amilopektin membantu membuat mikrostruktur padat, mengakibatkan Tembok Besar lebih stabil serta mempunyai kekuatan mekanis yang lebih besar.
Dr. Zhang mengatakan, penggunaan ketan, materi masakan pokok Asia Timur, merupakan salah satu penemuan tekhnis terbesar pada dikala itu, yang membantu banyak sekali pusara, pagoda dan tembok pada jaman Dinasti Ming dari hantaman cuaca, gempa bumi serta musibah lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Tembok Cina Berpengaruh Berabad-Abad?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel