Manfaat Lalat Untuk Kehidupan Manusia


Siapa yang tak kenal lalat? bagi sebagian orang lalat tidak lain hanyalah seekor binatang kecil yang menjijikkan dan hanya membawa petaka dan penyakit bagi manusia, padahal bergotong-royong lalat juga mempunyai manfaat yang tidak sedikit bagi kehidupan Manusia, sebab Allah tidaklah mengakibatkan sesuatu itu dengan sia-sia. Kalau ibarat itu, apasih manfaat lalat untuk kehidupan Manusia?

Sebelum kita membahas mengenai manfaat lalat untuk kehidupan Manusia, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan binatang yang satu ini. berdasarkan Wikipedia, lalat yaitu serangga yang berasal dari sub ordo Cyclorrapha ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk berdasarkan ukuran antenanya, lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang. Lalat umumnya mempunyai sepasang sayap orisinil serta sepasang sayap kecil yang berkhasiat untuk menjaga stabilitas dikala ia terbang. Lalat sering hidup diantara Manusia dan sebagian jenis sanggup mengakibatkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit sebab setiap ekor lalat yang hinggap disuatu tempat maka kurang lebih 125.000 kuman yang ikut terjatuh di tempat itu. Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk sanggup bertahan hidup. Mata beragam yang dimiliki oleh lalat terdiri atas ribuan lensa yang sangat peka terhadap gerakan.
Berikut yaitu beberapa manfaat lalat untuk kehidupan Manusia..
  1. Lalat bermanfaat untuk dunia kesehatan, yaitu untuk terapi penyakit memakai larva dari lalat yang biasa disebut dengan “Maggot Therapy”. Maggot Therapy atau yang biasa disebut dengan larva therapy yaitu salah satu cara pengobatan alternatif untuk mengobati luka borok atau korengan yang menahun. Bagaimana cara kerja sehingga larva lalat ini sanggup dijadikan materi untuk therapy? Ketika larva tersebut sibuk menggerogoti luka ia juga sekaligus beraksi untuk membersihkan kulit mati dan daerah-daerah yang terinfeksi, membunuh basil yang ada dan merangsang penyembuhan atau penutupan luka.
  2. Selain Bakteri dan Cacing tanah, lalat juga merupakan salah satu binatang pengurai yang sanggup mengurai limbah rumah tangga, ini sangat penting untuk mengurangi sampah bumi. Sekelompok peneliti dari Universitas Alicante Spanyol, mengadakan penelitian yang pertanda larva lalat sanggup mengurai tinja atau kotoran dari binatang dan Manusia. Artinya larva dari lalat ini sanggup dimanfaatkan mengurangi jumlah limbah biologis dimuka bumi ini. Lalat juga sanggup mengurai jasad yang telah mati sehingga gampang menyatu dengan tanah.
  3. Larva lalat sanggup dijadikan sumber pangan alternatif. Jenis larva lalat yang sanggup dijadikan sumber pangan alternatif yaitu dari jenis lalat tentara yang besar. Larva dari lalat tentara ini mengandung protein mencapai 50 % dan lemak sebesar 25 % dari keseluruhan tubuhnya. Larva dari lalat tentara ini sering dijadikan sebagai pakan untuk ikan.
  4. Lalat mempunyai gen yang berjulukan gen “refilin” yang mempunyai dua fungsi yaitu:
  • Fungsi untuk IndustriGen refilin ini sanggup dimanfaatkan oleh industri sebagai pengganti karet yang biasa didapatkan dari getah karet atau yang lain. Gen ini lebih besar lengan berkuasa dan mempunyai daya elastisitas yang lebih tinggi dari semua jenis karet yang ada didunia, gen ini mempunyai daya dorong dan daya tekan yang sangat kuat. Fungsi yang luar biasa ini ada pada seekor lalat yang sanggup menggetarkan sayapnya hingga 1000 kali dalam setiap detiknya.

  • Fungsi Untuk KesehatanGen refilin yaitu salah satu gen yang sanggup dimanfaatkan pada dunia kesehatan sebab sanggup mengobati penyakit-penyakit yang pada syaraf-syaraf Arteri dan syaraf-syaraf Meina. Pada syaraf arteri yang banyak terjadi penyumbatan, gen-gen refilin yang ada pada sayap seekor lalat sanggup mengobati penyumbatan tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Lalat Untuk Kehidupan Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel