Makhluk Ini Hanya Ditemukan Satu Di Dunia: Hiu Mini


Seekor hiu mini seukuran ibu jari baru-baru ini ditemukan di Teluk Meksiko. Hiu tersebut diyakini menjadi satu-satunya hiu mini yang masih hidup hingga dikala ini.

Hiu langka dengan nama lain Mollisquama parini ini hanya mempunyai panjang beberapa centimeter dan pertama kali ditemukan pada tahun 1984. Saat itu, seekor hiu mini ditemukan di lepas pantai Peru. Karena hiu mini ini mempunyai semacam kantong di pecahan atas siripnya, spesies ini lalu dinamakan "hiu saku".

Beberapa tahun kemudian, spesies langka itu ternyata ditemukan kembali, tepatnya di Teluk Meksiko. Hasil identifikasi dan penelitian terhadap hiu mini itu selanjutnya diterbitkan dalam jurnal Zootaxa.

"Hiu saku yang telah kami temukan ini hanya mempunyai panjang lima setengah inci, dengan jenis kelamin jantan," kata Mark Rahmat dari NOAA Fisheries, salah satu tim peneliti menyerupai dilansir dari wired.co.uk, Jum'at (1/5).

Menurut para ilmuwan, hiu tersebut masih berusia bayi sebab bekas luka pusar yang gres sembuh. Spesies itu gotong royong secara tidak sengaja ditemukan dikala para peneliti melaksanakan studi untuk mempelajari teladan makan paus.
Dari kedua hiu mini yang telah diidentifikasi, tim peneliti menyimpulkan ada perbedaan yang signifikan di antara keduanya. Bedanya, hiu yang baru-baru ini ditemukan, terdapat dua alas kelenjar di sepanjang perutnya yang tidak dimiliki oleh hiu mini yang telah ditemukan sebelumnya.

Para peneliti juga mengakui bahwa sangat sulit membandingkan keduanya sebab mempunyai jenis kelamin yang berbeda. Hiu mini pertama berjenis kelamin betina, sedangkan yang terbaru berkelamin jantan dan masih berusia sangat muda.

"Penemuan binatang yang tidak biasa dan sangat langka ini sungguh mengembirakan, tapi juga menjadi pengingat penting bahwa kita masih harus banyak berguru wacana spesies yang mendiami lautan kita," kata Grace.

Belum ada Komentar untuk "Makhluk Ini Hanya Ditemukan Satu Di Dunia: Hiu Mini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel