Keajaiban Sosial Dizaman Umar Bin Abdul Aziz


Khalifah Umar bin Abdul Aziz menaruh perhatian yang sangat besar dalam hal berbagi kebaikan-kebaikan di tengah-tengah masyarakat. Kebaikan dalam bentuk apapun, termasuk selera rakyat. Ia memanfaatkan madrasah-madrasah, majelis-mejelis ilmu dan sarana pendidikan ummat lainnya untuk menyebarkannya.

Keajaiban sosial pun terjadi. Revolusi yang diusung Khalifah Umar bin Abdul Aziz ternyata bisa mewarnai selera, karakter, kepribadian, kebisaan dan hobi masyarakat dalam tempo waktu yang sangat singkat. Dua puluh sembilan bulan saja.

Ibnu Jarir ath-Thobari menceritakan perjalanan selera dan kakater sosial dengan sangat bagus dalam buku tarikhnya. Ujarnya, "Walid ialah pemimpin yang populer dengan pembangunanpembangunannya. Karena itulah masyarakat pada ketika itu, jikalau mereka saling bertemu, maka mereka akan saling menanyakan ihwal rumah dan bangunan masing-masing. Kemudian tampillah Sulaiman. Ia ialah pemimpin yang populer dengan menikah dan makan. Karena itulah masyarakat pada ketika itu, jikalau mereka saling bertemu, maka mereka akan saling menanyakan ihwal istri dan budak-budak yang dimiliki oleh masing-masing. Ketika Umar bin Abdul Aziz memimpin, berubahlah semuanya. Masyarakat pada ketika itu, ketika mereka saling bertemu, maka mereka akan saling bertanya tentang, bagaimana kau melewati malam-malammu? Berapa banyak ayat al-Qur'an yang sudah kau hafal? Kapan kau selesai menghafal semuanya? Kapan kau biasa mengkhatamkan al-Qur'an? Puasa sunnah apa saja yang telah kau kerjakan di bulan ini?"

Mengubah selera pembicaraan masyarakat itu tidak mudah, apalagi kebiasaan mereka. Namun dengan semangat dan keteladanan, Umar bin Abdul Aziz bisa melakukannya. Semula masyarakat gemar berbicara ihwal kemegahan dunia. Namun sehabis Umar bin Abdul Aziz memimpin, tema pembicaraan mereka berubah. Masalah-masalah agama, ibadah dan kampung akhirat. Tentu ini ialah revolusi sosial yang menakjubkan.

Belum ada Komentar untuk "Keajaiban Sosial Dizaman Umar Bin Abdul Aziz"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel