Iq 141, Bocah Dua Tahun Ini Lebih Bakir Dari Barack Obama Dan Pm Inggris

Adam Kirby dan ayahnya (Foto: Daily Mail)

Baru-baru ini seorang bocah berusia dua tahun didapuk sebagai anggota termuda Mensa Inggris. Sebab IQ bocah pria ini mencapai 141, atau lebih tinggi daripada Presiden AS, Barack Obama.

Sementara bawah umur lain sibuk berguru berjalan dan mencoret-coret tembok, Adam Kirby justru sudah asyik membaca novel karangan Shakespeare, berguru bahasa abnormal menyerupai Jepang, Spanyol dan Prancis, bahkan berguru buang air di toilet duduk sendiri, tanpa pinjaman orangtua atau keluarganya.

IQ Adam yang berasal dari Mitcham, London selatan ini diketahui 10 poin lebih tinggi daripada dua pemimpin paling besar lengan berkuasa di dunia yaitu Presiden AS, Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris, David Cameron serta empat poin di bawah level Genius, meski bocah ini belum bisa bicara dengan kalimat sempurna.

Orangtua Adam, Dean (33) dan Kerry-Ann (31) mengaku gres menyadari bahwa putra pertama mereka terlihat berbeda dari bawah umur seusianya ketika Adam berguru buang air sendiri setelah membaca sebuah buku wacana cara mengajari anak buang air sendiri ketika Adam gres berusia satu tahun.

Yang tak kalah mengejutkan, ketika usianya masih 29 bulan, Adam sudah bisa mengeja 100 kata, berguru Tabel Periodik, sampai menguasai teka-teki peta dunia yang dirancang untuk orang dewasa. Setelah menjalani tes Stanford-Binet dan diketahui mempunyai IQ setinggi itu, Adam pun diundang untuk bergabung ke klub elit untuk orang-orang ber-IQ tinggi, Mensa dan menjadi anggota pria termuda yang berhasil masuk ke klub tersebut.

Sebelumnya anggota termuda Mensa Inggris yakni seorang anak wanita berjulukan Elisa Tan-Roberts (kini berusia enam tahun) yang bergabung dengan Mensa ketika usianya dua tahun empat bulan di tahun 2009; sedangkan Adam bergabung dengan klub ini ketika usianya dua tahun lima bulan.

"Kemampuan Adam begitu mengagumkan dan kami telah membuatkan intelijensianya secara aktif semenjak usianya gres 10 minggu. Sementara kebanyakan anak hanya berguru berdiri atau merangkak, Adam sudah bisa membaca banyak sekali buku. Kami akui pertumbuhannya begitu cepat," kata sang ayah, Mr. Kirby menyerupai dilansir Daily Mail, Kamis (27/6/2013).

"Dulu kami sering mengatakan kepadanya kartu-kartu bergambar binatang berikut namanya menyerupai 'hippopotamus' (kudanil) dan 'rhinoceros' (badak). Saat itu beliau sudah bisa mengidentifikasi binatang dengan benar," tambahnya.

IQ Adam sendiri berada di atas rata-rata IQ orang Inggris yang hanya 100. Dengan IQ sebesar 141, hal ini berarti Adam merupakan anak ke-19 di Inggris yang pernah bergabung dengan Mensa sebelum masuk sekolah.

"Padahal saya dan istri saya bukanlah anggota Mensa. Kami berdua memang cukup cerdas, tapi Adam jelas-jelas lebih maju daripada kami di usianya yang masih muda," timpal Mr. Kirby.

"Saya kira alasan utama cepatnya tumbuh-kembang anak ini yakni alasannya kami telah menemukan cara efektif untuk menciptakan berguru terasa menyenangkan. Namun selain wawasannya yang luas, Adam juga mempunyai sense of humor yang tinggi. Yang tak kalah penting, beliau sanggup memotivasi dirinya sendiri, atletis, juga sangat ceria," lanjut konsultan IT tersebut.

Adam yang sudah membaca Oxford Reading Tree untuk bawah umur berusia tujuh tahun ini juga gres saja masuk ke dalam populasi khusus di Inggris yang hanya sebesar 1,3 persen. Tapi orang tuanya masih berharap skor Adam bisa lebih tinggi lagi ketika kemampuan berkomunikasinya sudah berkembang sepenuhnya.


Hal-hal yang bisa dilakukan Adam ketika usianya masih 29 bulan, antara lain:

- Kemampuan membaca Adam setara dengan anak berusia lima tahun dan membaca buku-buku yang ditujukan untuk anak tujuh tahun.
- Mampu mengeja lebih dari 100 kata dan mengenal banyak jenis bunyi-bunyian.
- Mengetahui timetable-nya sendiri (2,3,4,5,10).
- Mengenali bangkit dua dimensi dari bundar sampai dodecagon 12 sisi.
- Memahami banyak sekali bentuk bangkit tiga dimensi.
- Dapat menghitung lebih dari 1.000 dalam bahasa Inggris, lebih dari 20 dalam bahasa Spanyol dan Jepang, serta lebih dari 10 dalam bahasa Prancis.
- Menambah dan mengurangi angka-angka sederhana.
- Mengetahui perbedaan antara warna-warna primer, sekunder dan netral, termasuk menamai mereka.
- Mengenali kata-kata yang diucapkan kepadanya, contohnya jikalau orang tuanya mengeja 'ninety seven' (sembilan puluh tujuh), maka beliau akan merespons '97'.
- Dapat menulis beberapa abjad dan angka dengan tangan serta mengetik abjad dan angka di keyboard.
- Membaca serpihan sederhana.
- Mengetahui nama-nama bulan dan hari, termasuk nama-nama planet dalam sistem tata surya.
- Memahami lusinan pasangan kata yang berlawanan.
- Hafal beberapa elemen dalam Tabel Periodik.

Sumber: http://health.detik.com/read/2013/06/28/113013/2286910/763/iq-141-bocah-dua-tahun-ini-lebih-pandai-dari-barack-obama-dan-pm-inggris

Belum ada Komentar untuk "Iq 141, Bocah Dua Tahun Ini Lebih Bakir Dari Barack Obama Dan Pm Inggris"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel