Awas Es Degan / Kelapa Muda Bercampur Air Bekas Cucian Beras


 Alih-alih ingin mendapat minuman segar dan sarat manfaat untuk kesehatan tubuh, malah terkena resiko penyakit dari diare hingga dengan kanker.

Siapa yang tidak suka es degan atau kelapa muda, yang  marak di pinggir jalan, warung dan rumah makan, bersanding dengan es populer lainnya yakni es campur, es jeruk dan es teh :)

Dalam laporan dan pemeriksaan serta penilitian dalam laboratorium UNPAS, ditemukan penjual es degan yang memakai Cara curang untuk mengeruk laba dari penjualan es degan / kelapa muda.

Dari penuturan Pelaku, beliau mendapat cara tersebut juga dari teman sesama penjual es degan lainnya, sebagai berikut :

- Es degan yang seharusnya dibentuk dengan air dari kelapa muda ataupun yang model es degan campur santan kelapa, diganti dengan Air bekas cucian beras, dimana air ini memang tampak terlihat putih ibarat air kelapa.

- Pelaku membeli lebih banyak kelapa renta yang lebih murah, semoga lebih untung, dan adonan kelapa mudanya yang malah sangat sedikit semoga laba berlipat.

- Air bekas cucian beras yang sudah ibarat air kelapa dan santan, Untuk mengelabui rasa pembeli, maka dipakai Essence / Penguat rasa (obat gulo kata orang jawa) yang rasa kelapa dimana banyak dijual di pasar, sehingga jadilah es tersebut benar2 persis air kelapa sungguhan.

- Ditambahkan pula, Agar-agar warna warni yang banyak dijual murah - plastikan di pasar, supaya memikat pandangan mata belum dewasa dan para pembeli umumnya.
Untuk yang ditambah agar-agar yang jadi ibarat es campur ini, harganya selisih lebih mahal sedikit.

- Minuman di atas, dijual dalam termos dan setiap ada pembeli, tinggal mengambil nya dengan entong ke dalam gelas untuk yang es degan saja dan pakai mangkok untuk yang campur agar-agar.

Hasil penelitian …
- Air tersebut diatas selain air mentah yang mengandung banyak basil ecoly yang sanggup menyebakan diare/gangguan perut.
- Air juga nyata mengandung Chlorine, senyawa kimia yang sanggup beresiko kanker.
- Agar-agar warna-warni sedap dipandang mata, nyata mengandung Perwarna textil dan borax yang juga berbahaya untuk kesehatan dan memicu kanker pula.

Menurut Penuturan Pelaku … belum pernah ada komplain wacana rasa yang abnormal berkenaan dengan caranya selama ini yang sudah berhasil mengelabui para pembeli selama 2 tahun.

Cara-cara diatas dipakai untuk menekan harga produksi, sehingga lebih banyak untung, dan sanggup menjual lebih murah dari yang lain, sehingga lebih laku manissss.

So … Tidak semua penjual melaksanakan hal diatas, tentu menjadi pertimbangan kita lebih berhati-hati dan semoga lebih kondusif sanggup dengan membeli dan minum degan/kelapa muda eksklusif dari buahnya.

Belum ada Komentar untuk "Awas Es Degan / Kelapa Muda Bercampur Air Bekas Cucian Beras"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel