7 Bukti Kejeniusan Binatang Yang Bikin Takjub Manusia

Simpanse yaitu binatang yang dipercaya mempunyai kecerdasan yang mendekati manusia. Jenis monyet ini juga diketahui cukup jenius, salah satu buktinya yaitu bisa membuat alat-alat sederhana untuk mencari makan. Cukup menyerupai dengan yang dilakukan insan purba.

Ternyata bukan hanya simpanse saja yang mempunyai kejeniusan di luar asumsi manusia. Mulai dari darat sampai lautan, terdapat beberapa binatang yang mempunyai otak 'encer'. Tujuh binatang ini membuktikannya.

1.Paus pembunuh tiru bahasa lumba-lumba

Di beberapa sentra penangkaran binatang bahari di Amerika, paus pembunuh biasanya akan ditempatkan bersahabat dengan lumba-lumba hidung botol. Menariknya, sehabis beberapa tahun, paus pembunuh atau yang kerap disebut 'orca' itu lebih sering menggunakan bahasa lumba-lumba untuk berkomunikasi dengan sesama.

Awalnya, bahasa orca terdiri dari adonan bunyi klik, siulan, dan gelombang suara. Sementara bahasa lumba-lumba hanya terdiri dari bunyi klik dan siulan.

Hebatnya, peniruan bahasa oleh orca dilakukan tanpa proteksi manusia. Sebelumnya, paus pembunuh lebih dulu dinyatakan bisa menirukan bahasa anjing laut, yang juga menjadi mangsanya.

2.Laba-laba emas yang bisa mengeluarkan jaring sutra

Sejak lama, insan terpesona dengan kemampuan laba-laba membuat sarang dengan desain hebat. Di antara banyak jenis laba-laba, laba-laba emas Madagascar lah yang mempunyai desain sarang paling spektakuler.

Sarang laba-laba jenis ini kerap diklaim sebagai yang terkuat di dunia oleh ilmuwan. Sarang laba-laba emas Madagascar bisa mencapai lebar 1,8 meter dan tahan satu tahun penuh.

Banyak ilmuwan yang berusaha menjiplak cara laba-laba emas membuat sarang namun gagal. Sampai ketika ini ilmuwan hanya bisa mengadaptasinya dalam teknologi rompi anti peluru dan otot buatan saja.

3.Paus bungkuk kembangkan cara berburu anti gagal


Bukan hanya paus pembunuh saja yang masuk kategori jenius, paus bungkuk raksasa pun juga. Paus yang bisa mempunyai panjang 14 meter itu bisa berburu secara kelompok dengan sangat rapi.

Beberapa paus bungkuk biasanya akan berburu secara kelompok dan mencari gerombolan ikan kecil dalam jumlah besar. Lalu, mereka akan mengelilingi ikan-ikan itu dan mengeluarkan gelombang bunyi unik yang bisa mengagetkan ikan.

Seekor paus bungkuk lalu bertugas menyemburkan gelembung-gelembung yang akan menggiring ikan-ikan kecil itu ke satu titik, layaknya sebuah jala. Kemudian satu per satu paus akan mengambil giliran berenang ke sentra kerumunan ikan dan makan.

4.Ular pendeteksi gempa

Pusat penelitian gempa bumi Nanning di Guangxi, China, mempunyai cara unik untuk mengetahui datangnya gempa bumi. Mereka memasang kamera CCTV yang beroperasi 24 di sebuah peternakan ular konsumsi.

Menurut ilmuwan Nanning, ular mempunyai sikap unik menjelang datangnya gempa, yakni keluar sarang. Sekitar 5 hari sebelum gempa, ular-ular akan keluar sarang meskipun itu ekspresi dominan dingin.

Bahkan, di masalah gempa parah, ular-ular itu bisa memaksa menghancurkan dinding sangkar untuk melarikan diri. Dari pengamatan ilmuwan Nanning, dipercaya ular bisa mendeteksi gempa dari jarak 120 kilometer.

5.Lumba-lumba pembuat mainan

Bukan hanya insan saja yang menyukai mainan, lumba-lumba pun sama. Bedanya, lumba-lumba bisa membuat mainan mereka sendiri.

Berdasarkan penelitian Dr. Ken Marten, lumba-lumba diketahui bisa membuat cincin-cincin kecil yang bersinar untuk dimainkan. Untuk membuatnya, lumba-lumba menggerakkan siripnya sampai muncul pusaran air kecil, di tengah pusaran air itu lumba-lumba menembakkan gelembung dari lubang pernapasan yang ada di atas kepala mereka.

Jadilah, pusaran-pusaran air kecil berisi gelembung yang akan bersinar bila terkena cahaya. Cerdas bukan?

6.Kadal pemain game

Di Australia, ada sebuah spesies kadal unik Pogona vitticeps. Kadal 'naga' ini suka memakan serangga, salah satunya yaitu semut.

Menariknya, berdasarkan penelitian kebun binatang Taronga, kadal ini berbakat memainkan game berjulukan 'Ant Smasher'. Sebuah game smartphone sederhana yang mengharuskan pemainnya menangkap semut sebanyak-banyaknya dengan cara mengetuk setiap semut yang muncul di layar smartphone.

Nah, ketika kadal Pogona dihadapkan ke layar yang menampilkan game Ant Smasher, dengan gesit ia menjulurkan lidahnya ke layar dan mengenai semut 'digital' di game itu. Tidak salah bila Peter Harlow, manajer kebun binatang Taronga menyampaikan bila kadal Pogona salah satu gamer terbaik dengan talenta alami.

7.Orang utan 'bajak laut'

Di sentra rehabilitasi orang utan berjulukan 'Camp Leakey' di Kalimantan, terdapat dongeng perihal orang utan yang bisa membajak bahtera nelayan.

Ya, beberapa penduduk atau pengunjung yang mendekati sentra rehabilitasi yang menggunakan sampan, biasanya akan mengisi sampan itu dengan air ketika naik ke daratan. Bukannya tanpa alasan, orang utan di sekitar sentra rehabilitasi itu diketahui telah mempelajari cara insan menggunakan sampan. Termasuk mendayung menggunakan tangan mereka yang panjang.

Beberapa masalah pembajakan pun sampan oleh orang utan pun sempat terjadi. Oleh lantaran itu, penduduk membuat sampan mereka seperti tenggelm untuk mengelabuhi para orang utan.

8. Burung Beo Nias – Burung Pintar Yang Dapat Mengingat Bahasa

Burung beo memang dikenal lantaran keahliannya yang pandai menirukan bunyi sekitar, dan bahkan bisa mengingat bahasa insan dengan baik. Karena kemampuan tersebut, tak heran jikalau burung beo asal sumatera ini termasuk burung beo yang paling banyak dipelihara.

Ada beberapa macam cara bagaimana melatih burung beo supaya bisa mempunyai banyak kosa-kata yang bisa ucapkan, atau diocehkan. Misalnya dengan menggunakan bunyi rekaman, atau mengajaknya bicara kata per kata dengan rutin. Dan tentu hal tersebut akan terasa lebih gampang jikalau burung beo didapat ketika masih berusia masih sangat muda, sehingga gampang untuk dijinakan.

Dalam beberapa kasus, burung beo yang sangat jinak akan cepat mengingat dan mengikuti kata-kata yang sudah diajarkan, meski dengan bunyi yang terpotong atau terbata-bata. Dengan beberapa kali latihan, kata-kata tersebut akan eksklusif dicerna oleh burung beo. Bahkan tak sedikit para pemilik burung melatihnya untuk mengucapkan kata salam untuk menyambut tamu, menyerupai hallo apa kabar, selamat pagi, assalamualaikum, dan sejenisnya.

Rasa ingin tahunya yang sangat besar, juga menjadi salah satu alasannya mengapa burung ini pandai mengingat bahasa dengan baik. Sama menyerupai halnya jikalau anda menggantung burung ini di kawasan yang ramai. Maka dengan cepat ia bisa mengikuti bunyi lingkungan sekitar, menyerupai bunyi pedagang yang lewat, klakson kendaraan, atau bunyi lainnya.

9. Gurita Kelapa – Punya Cara yang Cerdas Untuk Melindungi Diri
Gurita kelapa dianggap sebagai salah satu makhluk bahari yang cerdas. Hewan bertentakel ini punya cara yang menakjubkan untuk melindungi dirinya, yaitu dengan menggunakan tempurung kelapa. Tentu ini temuan yang sangat menarik. Pasalnya, sang gurita memanfaatkan batok kelapa yang sudah terbelah dua, atau bekas cuilan kelapa yang dibuang insan ke bahari dan menggunakannya sebagai perisai pelindung.

Ketika gurita merasa terancam, gurita masuk kedalam tempurung kelapa tersebut dan sembunyi di dalamnya. Beberapa bahkan menggunakan dua tempurung untuk membuat kawasan penampungan yang lebih luas, dengan sedikit terbuka untuk memantau situasi di sekitar. Terkadang untuk menghindari deteksi predator, gurita ini akan menggelindingkan tubuhnya di dalam tempurung tersebut supaya terlihat menyerupai tempurung kelapa yang terjatuh.

Tempurung kelapa telah memperlihatkan proteksi yang penting bagi gurita. Karena di dasar bahari tidak banyak kawasan persembunyian yang bisa ditemukan. Jika mereka bersembunyi di dasar bahari tanpa tempurung, pemangsa bisa tiba dan merenggut mereka.

Para peneliti beropini bahwa makhluk bahari ini pada mulanya berlindung pada cangkang kerang kosong berukuran besar, tetapi lalu ia beralih ke kelapa sehabis semakin banyak tempurung yang dibuang manusia, dan kerap terdampar di dasar laut. Dengan tempurung kelapa tersebut, gurita-gurita itu menemukan cara yang lebih baik untuk berlindung. Karena sikap unikannya tersebut, ia pun dijuluki sebagai The Coconut Octopus, atau gurita kelapa.

Belum ada Komentar untuk "7 Bukti Kejeniusan Binatang Yang Bikin Takjub Manusia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel