5 Stasiun Ka Tertinggi Di Dunia

Sarana transportasi massal menyerupai kereta api merupakan moda transportasi yang penting bagi semua orang, KA bisa bisa mengangkut hingga ratusan penumpang setiap harinya. Tidak heran, dari masa ke masa, moda transportasi ini tidak terpengaruhi zaman. Dan kita tidak menyangka, ternyata moda transportasi KA sudah ada yang dibangun di dataran tinggi menyerupai gunung. Wow!

Kalo di Indonesia stasiun tertinggi ditempati oleh stasiun Nagreg dengan ketinggian +-848 mdpl. Tapi beneran loh, ada beberapa stasiun tertinggi di dunia; dan Swiss memborong dua stasiunnya masuk ke dalam daftar. Penasaran? Berikut ini daftar stasiunnya yang mungkin bisa menjadi rujukan bagi anda untuk berekreasi mengunjungi stasiun-stasiun tertinggi ini.

1. Tanggula Railway Station, Tibet
Inilah stasiun kereta tertinggi di dunia, 5.068 mdpl. Stasiun ini bahkan lebih tinggi dibanding Puncak Carstenz di Papua, yakni 4.884 mdpl!

Tanggula Railway Station resmi dibuka pada 1 Juli 2006. Namun kesudahannya stasiun ini ditutup pada 2010 alasannya yaitu beberapa kontroversi termasuk dampak lingkungan dan aspek politis. Meski begitu, wisatawan yang naik kereta rute Beijing-Lhasa atau sebaliknya niscaya akan melewati stasiun ini. Anda disarankan tidak keluar dari kereta alasannya yaitu kadar oksigen yang tipis.

2. Ticlio, Peru
Ticlio, warga Peru menyebutnya Abra Anticona yaitu stasiun kereta api tertinggi di Peru. Letaknya di Pegunungan Andrean, sempurna pada ketinggian 4.818 dmpl Stasiun kereta Ticlio telah dibuka semenjak tahun 1893. Di dekatnya terdapat 8 terowongan dengan panjang total tak lebih dari 3,2 Km.

3. Jungfraujoch Railway Station, Swiss
Jungfraujoch Railway Station berlokasi di wilayah Bernese Oberland, Swiss. Letaknya di ketinggian 3.454 mdpl, mengakibatkan Jungfraujoch Railway Station stasiun kereta api tertinggi di Eropa.

Dari stasiun ini, wisatawan bisa melihat eksklusif puncak-puncak Gunung Eiger, Jungfrau, dan Monch. Jalur kereta yang membawa wisatawan ke stasiun ini yaitu Jungfrau dan Bernese Oberland, terhubung eksklusif dengan beberapa kota bagus menyerupai Lauterbrunnen, Wengen dan Grindelwald.

4. Gornergrat, Swiss
Stasiun kereta ke-4 tertinggi di dunia masih berada di Swiss, tepatnya di Pennine Alps. Ketinggiannya 3.089 mdpl, hampir sama dengan puncak Gunung Ciremai di Jawa Barat.

Traveler yang naik kereta jalur Gornergratbahn dari Kota Zermatt niscaya berhenti di stasiun ini. Sebelum datang di Gornergrat, kereta akan menanjak hingga 1.500 meter ke dataran yang lebih tinggi. Di bersahabat stasiun terdapat pula hotel bagi traveler yang ingin menikmati area ski di sekitarnya.

5. Ghum, India
Ghum yaitu stasiun kereta tertinggi di jalur Daarjeling Himalayan Railway. Berlokasi di West Bengal, India, stasiun kereta Ghum terletak di ketinggian 2.258 mdpl.

Panorama dari stasiun ini sangat indah. Kalau punya banyak waktu, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar stasiun dan mengujungi Ghum Monastery. Sekitar 5 Km dari stasiun terdapat Tiger Hill, daerah wisatawan melihat indahnya puncak-puncak Himalaya termasuk Gunung Everest.

Belum ada Komentar untuk "5 Stasiun Ka Tertinggi Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel