Terbongkar, Inilah Alasan Kenapa Honor Tka Indonesia Lebih Besar Dari Honor Tki

Bicara seputar gaji, siapa yang tidak ingin menerima honor yang tinggi? Dengan bekerja diluar negeri menjadi salah satu alternatif untuk mencari honor yang lebih tinggi di Indonesia alasannya mata uang negara lain tentunya lebih besar dari indonesia kalau di konversikan. Anggap saja kita bekerja di Amerika Serikat, 1 dollar sekarang bernilai 14.200 ribu. Anggap saja kalian menerima honor minimal perbulan 1500 dollar dikalikan 14.200 berapakah nilainya ? hampir 21 jutaan perbulan. Lumayan bukan? tidak mengecewakan banget lah



Gaji tenaga kerja gila (TKA) di Indonesia dengan honor tenaga kerja Indonesia di luar negeri sekarang masih menjadi suatu problem yang kerap diperbincangkan oleh publik. Berdasarkan temuan dari Ombudsman RI, honor TKI di luar negeri hanya sepertiga dari honor TKA di Indonesia.

Menurut Astrid Suryapranata, Career Business Leader Mercer Indonesia, hal tersebut merupakan hal yang lumrah. Hal itu dikarenakan adanya perbedaan standar biaya pekerja antara satu negara dengan negara lainnya. Astrid juga menyampaikan bahwa nilai upah TKA tergantung dengan standar dari negara asalnya.

Kalau user dari Indonesia memang berkeinginan merekrut orang dari luar negeri, maka TKA itu nantinya akan memiliki nilai tawar yang lebih. Selain itu, perusahaan yang mempekerjakan TKA mau nggak mau juga harus membayar lebih sesuai dengan biaya hidup pekerja di negara asalnya.

Meskipun begitu, honor yang diberi juga harus diadaptasi dengan keahlian yang dimiliki si pekerja tersebut. Kalau tidak menawarkan nilai yang sesuai dengan standar upah buruh di negara asal pekerja, maka TKA sanggup menentukan negara mana yang membutuhkan keterampilannya dan berkenan untuk menawarkan upah yang sesuai.

Sebelumnya, Ombudsman sudah melaksanakan pemeriksaan mengenai TKA yang ada di Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau pada Juni-Desember 2017.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, Komisioner Ombudsman, Laode Ida menemukan bahwa honor sopir Indonesia Rp 5 juta, sementara itu, sopir TKA sanggup mencapai Rp 15 juta. Gaji para pekerja gila tersebut eksklusif di transfer ke rekening bank asal negara mereka masing-masing.

Dengan prosedur tersebut, Indonesia tak menerima pajak penghasilan. "Kerugian negara niscaya alasannya pajak penghasilan dari mereka tidak masuk kas negara," ujar Laode.

Belum ada Komentar untuk "Terbongkar, Inilah Alasan Kenapa Honor Tka Indonesia Lebih Besar Dari Honor Tki"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel