Menaker Kesepakatan Akan Cek Kejanggalan Honor Pilot Lion Air Rp 3,7 Juta

Kejanggalan honor pilot Lion Air, Captain Bhavye Suneja masih terus ditelusuri. Bhavye ialah pilot pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di maritim Karawang.


JawaPos.com - Kejanggalan honor pilot Lion Air, Captain Bhavye Suneja masih terus ditelusuri. Bhavye diketahui mengemudikan pesawat  Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang, Senin (29/10).

Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri menyatakan akan mengecek dokumen ketenagakerjaan tentang kebenaran honor pilot kepada pihak Lion Air. Pasalnya, pihak BPJS menyatakan adanya ketidaksinambungan data yaitu sebesar Rp 3,7 juta.

"Kalau itu (soal gaji) nanti kita cek dulu," ujar Hanif, di Gedung Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat (2/11).

Hanif menyatakan telah menyuruh pihaknya yaitu Dirjen Direktur Pengupahan Kemnaker dan Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK dan K3), untuk mengonfirmasi.

Selain itu, Hanif menjanjikan akan memastikan data ketenagakerjaan semua penumpang pesawat Lion Air yang menjadi korban semoga jago waris mendapat haknya. Bahkan, Hanif akan begerak juga ke perusahaan-perusahaan terkait.

"Untuk ngecek korban-korban yang berstatus pekerja dalam arti mempunyai relasi kerja dengan perusahaan-perusahaan tertentu, kalau yang menjadi korban beliau statusnya pekerja, beliau memilki sejumlah hak tertentu yang harus diterima jago waris," ungkapnya.

Sebelumnya, kejanggalan ini katanya sempat disampaikan ke pihak Lion Air melalui surat teguran. Manajemen maskapai tersebut kabarnya akan memenuhi dan menyesuaikan upah secara bertahap.

"Jadi gajinya mungkin Rp 3 juta, kemudian Rp 5 juta, secara bertahap. Tapi belum proses penyesuaian, sudah terjadi kecelakaan (jatuhnya pesawat Lion Air JT 610)," ucap Dirut BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto .

Soal kapan uang dari BPJS Ketenagakerjaan akan dicairkan untuk para pilot hingga teknisi di pesawat nahas Lion Air JT 610, Agus mengaku menunggu hasil identifikasi korban di RS Polri.

"Jadi ini kita siapkan pararel, kita siapkan semua, surat hasil identifikasi eksklusif kita bayarkan, satu dua hari kita lakukan," pungkas Agus.

READ SOURCE

Belum ada Komentar untuk "Menaker Kesepakatan Akan Cek Kejanggalan Honor Pilot Lion Air Rp 3,7 Juta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel