Mengapa Baterai Smartphone Dapat Meledak ? Baca Yuk !

Ledakan baterai smartphone dan laptop memang bukan hal yang abnormal bagi kita, tetapi hal ini juga termasuk bencana yang cukup jarang terjadi. Celakanya, sekali meledak, sebuah baterai smartphone yang kecil pun sanggup sangat berbahaya bagi pengguna. Lalu, apa saja penyebab ledakan tersebut?

 dan laptop memang bukan hal yang abnormal bagi kita Mengapa Baterai Smartphone Bisa Meledak ? Baca Yuk !


Baterai yang jamak digunakan di smartphone dan laptop yakni baterai lithium-ion. Baterai jenis ini sanggup menyimpan lebih banyak daya alasannya tersusun atas elemen logam yang paling renggang. Ukurannya pun menjadi lebih minimalis dibanding baterai jenis lain. Sayangnya, logam lithium yang digunakan dalam baterai tersebut dikenal sebagai salah satu unsur yang sangat reaktif alias gampang terbakar atau bahkan meledak.

Sebuah institut teknologi di Jepang gres saja merilis sebuah video yang menampilkan bagaimana sebuah baterai lithium-ion sanggup meledak, PC World (17/09). Pada dasarnya, ledakan yang jarang terjadi tersebut acap kali diakibatkan oleh arus pendek yang terjadi dalam baterai.

Arus pendek tersebut muncul ketika baterai mengalami kerusakan jawaban benturan yang cukup keras. Benturan tersebut sanggup mengakibatkan lapisan pemisah antara lithium dan zat pelarut organik di dalam baterai rusak, sehingga mengakibatkan bercampurnya dua elemen tersebut. Hal ini lah yang kemudian sanggup mengakibatkan arus pendek. Celakanya, pengisian ulang daya sanggup meningkatkan resiko meledaknya baterai jawaban produksi panas yang terlampau tinggi alias overheat.

Dalam video tersebut, sebuah baterai lithium-ion yang biasa digunakan di smartphone dipukul dengan palu untuk merusak lapisan pemisah elemen di dalamnya. Kemudian, baterai tersebut diberi paparan panas untuk mempercepat proses ledakan. Hasilnya pun sanggup diduga, baterai tersebut meledak dengan cukup keras.

Untuk mencegah hal yang sama terjadi pada baterai smartphone Anda, selalu simpan baterai pada daerah yang bersuhu normal dan daerah tertutup rapat, sehingga si baterai tidak gampang jatuh. Kebiasaan mengisi ulang baterai pun perlu diubah. Usahakan baterai lithium-ion tidak benar-benar kehabisan daya atau mati ketika di-charge, alasannya hal ini justru sanggup merusak penggalan dalam baterai dan menurunkan umurnya.

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan yakni tidak memakai smartphone yang sedang di isi ulang dayanya secara berlebihan. Dalam beberapa kasus, baterai lithium-ion mengalami cacat bawaan dari pabrik yang sanggup mengakibatkan munculnya arus pendek. Alhasil, pemakaian intens sambil mengisi daya sanggup meningkatkan resiko ledakan baterai.

nah itulah artikel mengenai Mengapa Baterai Smartphone Bisa Meledak ? Baca Yuk !. share artikel ini ya mitra biar dapt bermanfaat bagi orang lain.

Baca Artikel Keren Lainnya :

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Baterai Smartphone Dapat Meledak ? Baca Yuk !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel